Siapa Pemilik Dan Pendiri Indomaret, Ini Jawabannya
Kisah Sukses Sosok Pendiri Indomaret, Salah Satu Taipan Indonesia Berbelanja ke minimarket niscaya telah dialami banyak orang. Hal tersebut alasannya minimarket mempunyai banyak sekali produk rumah tangga yang anda perlukan. Salah satu minimarket terpopuler di Indonesia ialah Indomaret. Indomaret berdiri dibawah naungan sosok pendiri Indomaret yang terpopuler di tanah air, yakni Salim Group.
Salim Group sendiri didirikan oleh Soedono Salim atau Liem Sioe Liong yang ialah orang tiongkok yang merantau di Indonesia sejak era penjajahan Belanda. Beliau sukses menyebarkan banyak sekali perusahaan terkemuka. Hingga kini, perusahaannya masih dikerjakan oleh putranya ialah Anthony Salim.
Daftar Tulisan
Sekilas Tentang Indomaret
Indomaret ialah gerai minimarket yang dibentuk dengan sistem franchise oleh anak perusahaan Salim Group. Sejak tahun 1988 hingga tahun 2021 ini, Indomaret sudah berhasil berbagi pangsa pasar pemasaran produk rumah tangganya di 18.939 gerai di seluruh Indonesia.
Produk-produk yang dijualnya meliputi kudapan/siap saji, minuman dalam bungkus, kosmetik, peralatan rumah tangga, obat-obatan, sayur dan buah-buahan, pembayaran elektronik, dan sebagainya. Hal ini mempermudah para pelanggan untuk membeli produk dan melakukan pembayaran dalam satu tempat dan satu waktu.
Visi Indomaret
Seperti perusahaan yang lain, Indomaret juga mempunyai visi yang turut dikembangkan dari dulu sampai sekarang. Visinya yakni “Menjadi aset nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggil dalam persaingan global.
Makna dari visi tersebut bantu-membantu Indomaret dikembangkan selaku aset paling besar skala nasional. Dimana pengembangannya yaitu dengan cara membuka ritel-ritel dengan metode waralaba. Pelayanan terbaik senantiasa diberikan dari karyawannya terhadap para konsumennya. Hal ini menimbulkan Indomaret selaku minimarket yang bisa berkompetisi secara global.
Sosok Pendiri Indomaret
Sudah banyak yang mengenali bahwa sosok pendiri Indomaret ialah seorang konglomerat asal Tiongkok yang bisa menuai hasil di Indonesia. Beliau yakni Soedono Salim (Liem Sioe Liong) yang lahir pada tanggal 19 Juli 1916 di Tiongkok dan meninggal di Singapura pada tahun 2012.
Di balik kesuksesannya, Soedono Salim memang merupakan eksklusif yang sigap dalam pekerjaannya semenjak di usia belia. Awal rintisan kariernya, beliau mampu mendirikan bisnis rempah-rempah dan juga tekstil. Secara sedikit demi sedikit, Soedono Salim mampu mendirikan lebih dari satu perusahaan yang masih kuat bangkit sampai sekarang. Salah satunya ialah Indomaret.
Indomaret awalnya diresmikan pada tahun 1988 di tempat Ancol. Bangunannya masih berbentuktoko biasa. Mulai dari situlah, jejak Indomaret berkembang dari satu gerai di Jakarta, merambah sampai ke aneka macam pelosok di Indonesia. Setelah Om Liem memasuki abad bau tanah, hingga meninggal di tahun 2012, Indomaret sekarang dipegang oleh putranya yaitu Anthony Salim.
Penerus Indomaret
Anthony Salim atau Liem Hong Sien ialah salah satu putra dari sosok pendiri Indomaret, Soedono Salim. Anthony lahir di Kudus pada tanggal 25 Oktober 1949. Berbagai cabang bisnis yang dulu didirikan oleh ayahnya sekarang dia lanjutkan bareng istrinya, Fransiscus Welirang. Akan tetapi, CEO Indomaret dikala ini bukanlah Anthony, melainkan dipegang oleh Sinarman Jonathan.
Berbagai inovasi yang dikembangkannya pada bisnis retail Indomaret ini mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Diketahui, pada tahun 2019 Anthony Salim tersorot oleh majalah Forbes mempunyai kekayaan bersih sampai 5,5 miliar USD. Hal tersebut alasannya adalah bisnis yang dijalankannya tidak cuma menjangkau pangsa pasar lokal saja, namun sampai ke pasar internasional.
Kemudian, Indomaret yang dikenal penduduk bernaung di bawah anak perusahaan PT Indomarco Prismatama. Setelah diakuisisi oleh PT Dyviacom Intrabumi Tbk, Indomarco Primatama menjelma PT Indoritel Makmur Internasional, Tbk yang mana berstatus menjadi induk perusahaan Dyviacom.
Konsep Bisnis Waralaba
Indomaret menjadi pencetus hadirnya desain waralaba di bidang minimarket dengan pemasaran produk rumah tangga di Indonesia. berawal di tahun 1997 yang bisa membuka 230 gerai minimarket, Indomaret secara bertahap bisa mendirikan ribuan gerai gres di aneka macam kawasan, tidak hanya di DKI Jakarta saja.
Karena konsep bisnis waralabanya yang popular di dunia minimarket, Indomaret berhasil menyabet penghargaan sebagai Perusahaan Waralaba Unggul di Tahun 2003. Indomaret juga memiliki rekanan dengan banyak sekali mitra usaha. Diantaranya ialah usaha individual, tubuh usaha maupun koperasi.
Pendapatan Indomaret
Tercatat dalam akumulasi pemasukan tahun 2020, Indomaret bisa menjangkau pemasukan sampai Rp15.86 triliun dari seluruh gerai Indomaret yang tersebar. Sementara laba higienis yang didapatkannya sebesar Rp328.8 miliar yang juga akumulasi keuntungan tahun 2020 dari seluruh gerai Indomaret di Indonesia.
Penyebaran gerai Indomaret sampai bulan Juni 2021, tercatat tersebar di daerah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Madura, Bali, NTB dan Maluku. Wajar saja, pemasukan dan laba sebesar tersebut dicapai Indomaret alasannya adalah nyaris 18.939 gerai di seluruh Indonesia mengalami kenaikan konversi penjualan produk.
Selain itu, teknik marketing juga dijalankan untuk menawan banyak konsumen. Sehingga setiap hari pun, gerai Indomaret tidak akan pernah mengalami sepi penjualan. Salah satu inovasi penjualan yang dikembangkan Indomaret yaitu sistem belanja online lewat webnya yang berjulukan klik Indomaret.
Sehingga selain customer mampu berbelanja di gerai fisik, anda juga mampu membeli lewat gadget anda secara online. Hal ini akan membuat lebih mudah para pelanggan yang sedang tidak ingin keluar rumah. Khususnya di musim pandemi ketika ini yang mana aktivitas luar rumah sangat dibatasi.
Ciri Khas dan Karakteristik Indomaret
Setiap bidang usaha niscaya memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing. Seperti Indomaret, yang mempunyai motto “Mudah dan Hemat”. Logonya pun berisikan unsur warna biru, merah, dan kuning. Dimana masing-masing warna mempunyai filosofi tersendiri yang mendeskripsikan perihal bidang usahanya.
Warna biru merupakan simbol yang mengakibatkan kehangatan, kematangan dan ketenangan ketika Indomaret melayani para customer. Warna merah adalah simbol keberanian sebagai pionir retailer yang unggul. Sementara warna kuning merupakan simbol yang ceria dan nrimo dalam melayani customer.
Kemudian adapula maskot khas Indomaret yang bernama Si Domar. Si Domar sendiri digambarkan sebagai semut. Alasan dipilihnya semut sebagai maskot Indomaret alasannya semut memiliki sifat yang bersungguh-sungguh, royal, ramah di lingkungan hidupnya. Selain itu, semut juga memiliki koordinasi team yang bagus. Begitu pula harapan yang diambil Indomaret dari sosok Domar tersebut.
Penghargaan yang Diraih Indomaret
Karena memiliki jasa yang besar dalam menyebarkan bisnis retail di seluruh daerah Indonesia, Indomaret banyak dianugerahi penghargaan dari banyak sekali pihak.
- Diawali dari penghargaan dari Presiden Megawati tahun 2003 sebagai Perusahaan Waralaba 2003.
- Lalu ditahun 2009 masuk kedalam Top Franchise se-ASEAN.
- Penghargaan ketiga ialah Indomaret masuk ke jajaran 250 Top Indonesia Original Brands tahun 2012.
- Di tahun 2013 juga masuk lagi penghargaan berupa Franchise Brand Awareness Survey, Franchise TOP of minds dan Social Media Award.
- Hingga di tahun 2016, Indomaret juga mendapatkan penghargaan dari Presiden Jokowi berbentukPiala Waralaba 2016.
Itulah pembahasan perihal sosok pendiri Indomaret yang mampu anda pahami. Kesuksesan yang berhasil di raih oleh Soedono Salim adalah dengan satu kunci, yaitu kegigihan. Apapun pekerjaan yang sedang kita lakukan, maka kita harus bersyukur, dan senantiasa kembangkan potensi alasannya potensi usaha senantiasa terbuka lebar.
Comments
Post a Comment